Bidang Masalah peserta didik


Masalah yang biasa dihadapi siswa secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi enam.
1.      Masalah Pendidikan
Masalah pendidikan adalah masalah yang dihadapi siswa dalam hubungan dengan masalah pendidikan. Misalnya masalah pemilihan kelanjutan study. Masalah penyesuaian dengan sekolah baru.
2.      Masalah Belajar
Masalah belajar adalah masalah yang dihadapi siswa khusus dalam belajar. Masalah ini merupakan bagian dari masalah pendidikan. Bentuk-bentuk masalah belajar misalnya sukar konsentrasi dalam belajar, kebiasaan belajar yang buruk, sukar menangkap pelajaran, mudah lupa apa yang dipelajari, dan lain sebagainya.
3.      Masalah Pribadi
Masalah pribadi adalah masalah yang dihadapi oleh siswa, yang disebabkan faktor dirinya sendiri. Beberapa contoh masalah pribadi misalnya kecewa ditinggal pacar, sukar bergaul dengan teman, merasa canggung dalam pergaulan, mudah emosi, merasa rendah diri, merasa superior, egois, suka menang sendiri, merasa pesimis dalam hidupnya.
4.      Masalah Sosial
Masalah sosial adalah masalah yang dihadapi siswa dalam seg sosial. Misalnya penyesuaian dengan kelompok seusia, kesulitan dalam penyesuaian dengan masyarakat, terisolir dari kelompok, dan sebagainya.
5.      Masalah Pekerjaan
Masalah pekerjaan adalah masalah yang dihadapi siswa dalam bidang pekerjaan. Masalah pekerjaan akan lebih mendesak pada sekolah-sekolah kejuruan (STM, SPG, SMEA), namun bukan berarti pada siswa sekolah menengan umum tidak ada masalah. Contohnya merasa bimbang akan pekerjaan dimasa mendatang, sulit mencari pekerjaan, tidak memiliki keterampilan tertentu, dan sebagainya.

6.      Masalah Penggunaan Waktu Luang
Masalah ini adalah masalah yang dihadapi siswa dalam menggunakan waktu luangnya, baik waktu luang disekolah maupun dirumah.
Menurut Achmad Juntika Nurihsan (2006) problema yag dihadapi mahasiswa dikelompokkan atas dua kategori , yaitu:
1.      Problema Akademik
Merupakan hambatan / kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam merencanakn, melaksanakn, dan memaksimalkan perkembangan belajarnya. Ada beberapa program studi yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa sebagai berikut:
a.       Kesulitan dalam emilih program studi, jurusan/pilihan mata kuliah yang sesuai dengan kemampuan dan waktu yang tersedia.
b.      Kesulitan dalam mngatur wktu belajar disesuaikan dengan banyaknya tuntutan dan aktivitas perkuliahan.
c.       Kesulitan dalam mendapatkan sumber dan buku belajar.
d.      Kesulitan dalam menyusun makalah, laporan dan tugas akhir.
e.       Kesulitan dalam memahami buku-buku yangg berbahasa asing, khususnya bahasa inggris.
f.       Kurangnya motivasi/semangat belajar.
g.      Adanya kebiasaan belajar yang salah.
h.      Rendahnya rasa ingin tahu dan ingin mendalami ilmu.
i.        Kurangnya minat terhadap profesi.
2.      Problem Sosial Pribadi
Merupakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengelole kehidupannya sendiri serta menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial baik di kampus maupun dilingkungan tempat tinggalnya. Beberapa problema sosial pribadi yang mungkin dihadapi mahasiswa adalah sebagai berikut:

a.       Kesulitan ekonomi/biaya kuliah
b.      Kesulitan berkenaan dengan masalah pemondokan
c.       Kesulitan dalam menyesuaikan diri dngan teman sesama mahasiswa, baik di kampus maupun di lingkungan tempat tinggal.
d.      Kesulitan menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar tempat tinggal mahasiswa, khususnya mahasiswa pendatang
e.       Kesulitan karena masalah-masalah keluarga
f.       Kesulitan karena masalah-masalah pribadi.

1 Response to "Bidang Masalah peserta didik"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel