hal yang dicakup Silabus



Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus mencakup HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT.
I.      Pendahuluan, terdiri atas:
A.    Rasional
Memuat latar belakang pengembangan kurikulum mata pelajaran dikaitkan dengan pengembangan kompetensi yang berkembang di abad 21.
B.    Kompetensi Bidang Keahlian
Memuat rumusan kompetensi Bidang Keahlian yang menyatukan karakteristik bidang kajian seluruh program dan paket keahlian yang ada di dalamnya.
C.    Kompetensi Program Keahlian
Memuat rumusan kompetensi Program Keahlian yang menyatukan karakteristik dasar-dasar pekerjaan seluruh paket keahlian yang ada di dalamnya.
D.   Kompetensi Paket Keahlian
Memuat rumusan kompetensi Paket Keahlia sesuai muatan mata pelajaran yang bersangkutan.
E.    Kerangka Pengembangan Kurikulum
Memuat kerangka pengembangan kompetensi pada setiap jenjang kelas (X, XI, dan XII) yang terdapat pada Paket Keahlian dimaksud. Untuk Paket Keahlian 4 tahun ditambah kompetensi pada kelas XIII.
F.    Pembelajaran dan Penilaian
1.    Pembelajaran: memuat model-model pembelajaran yang digunakan berkaitan dengan pendekatan saintifik. Tidak terbatas hanya pada 3 model yang dikembangkan pada Kurikulum 2013.
2.    Penilaian: memuat aspek yang dinilai dan gambaran tentang muatan kompetensi yang terdapat pada afektif, kognitif, dan psikomotorik.
G.   Kontekstualisasi pembelajaran sesuai dengan Keunggulan dan Kebutuhan Daerah serta Kebutuhan Peserta Didik:
Memuat penjelasan tentang pembelajaran dapat diperkaya dengan konteks daerah atau sekolah serta konteks global utuk mencapai kualitas pembelajaran yang optimal sesuai tuntutan KD.
II.    Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran
A.    Kelas X: memuat KD, materi dan kegiatan pembelajaran setiap mata pelajaran di kelas X
B.    Kelas XI: memuat KD, materi dan kegiatan pembelajaran setiap mata pelajaran di kelas XI
C.    Kelas XII: memuat KD, materi dan kegiatan pembelajaran setiap mata pelajaran di kelas XII
D.   Kelas XIII: memuat KD, materi dan kegiatan pembelajaran setiap mata pelajaran di kelas XIII (khusus untuk Paket Keahlia 4 tahun)
III.  Format Silabus
Silabus berisi tentang hal-hal sebagai berikut.
1.    Nama Mata Pelajaran;
2.    Kelas;
3.    Alokasi waktu per tahun;
4.    Kompetensi Dasar pengetahuan (KD-3) dan Kompetensi Dasar keterampilan (KD-4);
5.    Materi Pembelajaran, dan
6.    Kegiatan Pembelajaran.
Silabus pada Kurikulum 2013 yang disempurnakan dan dikembangkan pada tingkat nasional merupakan silabus minimal. Satuan pendidikan SMK dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang menjadi institusi pasangan dan nilai-nilai lokal di mana SMK itu berada. Adapun format utuh silabus mata pelajaran yang digunakan pada Kurikulum 2013 dapat dilihat seperti contoh di bawah.
Analisis silabus digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran, yang dibahas pada materi pelatihan “Analisis Materi Pembelajaran” dan “Analisis Penerapan Model Pembelajaran”.

0 Response to "hal yang dicakup Silabus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel