ragu-ragu mau ngeblog? berikut fungsi dan manfaat blog ...
sebelum mengenal fungsi dan manfaat blog, ada baiknya menyimak sejarah blog berikut ....
Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum.
Menurut sejumlah sumber, blog merupakan singkatan dari weblog. Awal mula munculnya istilah weblog, blog atau iterasinya terjadi pada tahun 90-an. Saat itu sudah ada banyak ragam platform yang mengudara di jagat maya dan merupakan cikal-bakal platformblogging sekarang ini, antara lain Usenet, Genie, BIZ, CompuServe, dan Bulletin Board System (BBS).
Istilah weblog pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz yang mulai intens mengadopsi istilah tersebut di situs pribadinya, Peterme.com pada tahun 1999. Namun sejatinya jauh sebelum istilah blog dikenal, sejumlah orang seperti Justin Hall dan Jerry Pournelle sudah mulai menyebarkan tulisan mereka melalui web pribadinya, walaupun kala itu istilah blog belum digunakan secara luas.
Open Diary mengawali era kemunculan blog modern pada tahun 1998, di platform inilah kemudian orang mulai mengenal istilah komentar blog di mana pembaca dapat meninggalkan pendapatnya di tulisan pemilik blog. Open Diary juga disebut-sebut sebagai generasi pertama situs pertemanan dikarenakan konsep komunitas yang diusungnya.
Di tahun 1999 muncullah layanan blog baru bernama Blogger.com yang didirikan oleh Pyra Labs. Di tahun yang sama juga lahir layanan blog LiveJournal dan Pitas.com. Namun layanan Blogger.com lah yang banyak berperan bagi perkembangan dunia blog sehingga oleh banyak orang nama “Blogger” dijadikan julukan bagi orang yang menggeluti atau mempunyai blog. Sejak 2003, Blogger resmi menjadi milik Google dan akusisi ini makin mengibarkan dunia blogging sebab sejumlah fitur yang sebelumnya premium digratiskan oleh pemilik barunya.
Di Blogger.com, pengguna dapat mendaftarkan diri dan membuat domain dengan alamat yang boleh ditentukan sendiri. Setelah terdaftar, pengguna kemudian mendapatkan sebuah panel dashboard yang akan menjadi media membuat tulisan, menunggah gambar, membuat halaman, dan bahkan mendesain sendiri tampilan utama blog. Salah satu kelebihan yang disuguhkan oleh Blogger.com adalah keleluasaan untuk membuat sebanyak mungkin blog baru tanpa harus membuat akun baru.
Saat Blogger.com sedang menikmati masa jayanya, muncul layanan baru yang lebih segar, yaitu WordPress.com yang dikembangkan oleh Automattic. Seperti Blogger, layanan ini juga menawarkan sub domain cuma-cuma kepada pengguna dengan opsi upgrade ke layanan premium.
WordPress.com juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan sendiri alamat sub-domain yang diinginkan. Di masing-masing blog akan ada wilayah admin terpisah yang fungsinya menjadi tempat bagi Blogger untuk mengelola isi blognya. Seperti membuat tulisan baru, menambah halaman, kategori, menyusun sidebar, mengunggah gambar dan menyisipkan video. Dalam perjalanannya Automattic kemudian merilis WordPress.org, entitas berbeda yang menyasar para pengembang dan Blogger mandiri. Pelajari selengkapnya apa itu WordPress di tautan ini.
Tujuh tahun setelah kelahiran Blogger, muncul layanan baru lagi bernama Tumblr yang dikembangkan oleh David Karp. Saat pertama kali muncul, Tumblr dianggap sebagai generasi baru dunia blogging. Ia menawarkan konsep yang berbeda dari Blogger ataupun WordPress.com, di mana pengembang menambahkan semacam koneksi antar pengguna layaknya situs pertemanan. Fitur-fitur dan fleksibilitas kustomisasinya juga paling disukai oleh kaula muda. Tak heran bila mayoritas pengguna loyal Tumblr adalah para remaja dengan usia di bawah 25 tahun. Namun kini Tumblr berada di bawah bendera Yahoo pasca diakuisisi pada tahun 2013 lalu.
Selain WordPress.com dan Tumblr, masih ada sederet platformblog yang menawarkan fitur yang kurang lebih sama, misalnya Technorati, Blogsome, webs, blogs dan banyak lagi lainnya.
Singkat ceritanya ....
1994 : Blog pertama di dunia adalah links.net yang dibuat oleh Justin Hall seorang pelajar dari Swarthmore College.
1997 : Kata "Weblog" diciptakan oleh Jorn Barger, pembuat Robot Wisdom. Dave Winner merilis "Scripting News" yang dia sebut sebagai weblog terpanjang di internet saat ini.
1998 : Jonathan Dube dari Charlotte Observer menulis weblog tentang badai Bonnie. Ini pertama kalinya sebuah portal berita menggunakan blog.
1999 : Peter Merholz menyederhanakan kata weblog menjadi BLOG. Brad Fitzparick merilis platform blog yang bernama Livejournal yang sukses mendadak kala itu. Tiga sahabat pendiri start-up Pyra Labs membuat platform blog bernama BLOGGER.
2001 : Artikel "how to" (tutorial) merupakan pemicu pertumbuhan komunitas blogger. Di tahun ini juga dirilis software blog versi pertama yang bernama Movable Type.
2002 : Para politikus menggunakan blog untuk mengekspresikan opininya. Beberapa merilis kampanye dan breaking news. Di tahun ini mesin pencari blog pertama di dunia dirilis yaitu "Technorati".
2003 : Blogger.com milik Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Versi pertama WordPress, sebuah software blog open source dirilis dan bisa didownload. Layanan blogging Type dirilis.
2004 : Steve Garfield merilis blog video yang kemudian menjadi cikal bakal "Vlog" saat Youtube hadir.
2005 : Weblogsc, Inc dibeli oleh AOL senilai 25 juta Dollar. Diperkirakan transaksi periklanan blog mencapai 100 juta Dollar tahun ini
2006 : Berdasarkan statistik Technorati, ada 50 juta blog pada pertengahan tahun ini. Blog populer "Mashable" dirilis pertama kalinya.
2007 : "Tumblr" dirilis tahun ini dan populer dengan sebutan "microblog". Tim O'reilly merilis code of conduct untuk para blogger.
2008 : Posterous dirilis untuk pertama kalinya dimana blogger bisa posting artikel singkat menggunakan layanan penyingkat URL mereka. (saat ini sudah tidak aktif)
2009 : The Universal McCan melaporkan bahwa 77% dari pengguna internet seluruh dunia membaca blog.
2010 : Studi yang dilakukan Technorati menemukan fakta bahwa 35% blogger mendapatkan uang dari blognya. Blogger emak-emak di Amerika Serikat semakin populer karena membuat artikel resep kuliner, ulasan produk dan tips parenting. Di tahun ini juga jumlah blog semakin tumbuh pesat dengan jumlah 152 juta blog yang aktif pada akhir tahun ini.
2011 : Google merilis "Google+" sebuah media sosial untuk blogger yang masih dalam tahap beta dan diterima serta digunakan oleh mayoritas blogger dunia. Tumblr meraih nilai valuasi sebesar 800 juta Dollar. Presiden Obama membuat blog di Tumblr pada bulan Oktober.
2012 : 62% perusahaan memiliki dan menjalankan blog. 48% dari 100 blog teratas di dunia menggunakan WordPress. Medium pertama kali dirilis pada tahun ini.
2013 : 81% konsumen di Amerika Serikat mempercayai informasi dan nasehat dari blog. WordPress semakin populer! Ebay, Yahoo, Ford dan Wall Street Journal menggunakan WordPress untuk blog mereka.
2014 : Domain dengan ekstensi .blog dirilis untuk pertama kalinya oleh pendiri WordPress.
hahaha ... gak kalah panjang ya ....
Manfaat dan fungsi blog antara lain :
1. Sebagai media pribadi
Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat. Menulis adalah keahlian penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah kemampuan tersebut melalui blog. Anda bebas menulis artikel sebanyak-banyaknya sampai kemampuan menulis Anda semakin baik. Terlebih lagi blog adalah platform yang cocok digunakan untuk tema apa saja, dari traveling hingga parenting.
2. Sebagai Bukti Profesionalitas
Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tertentu. Misalnya, Anda adalah seorang profesional di bidang marketing, Anda bisa membuat blog yang berisi tips-tips berkaitan dengan marketing. Konten-konten di blog Anda bisa menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja, termasuk oleh perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak digital yang Anda miliki.
3. Sebagi media untuk berbagi informasi
Selesai menulis sebuah artikel atau cerita, tentu Anda ingin banyak orang yang membacanya bukan? Nah, blog bisa melakukan publikasi untuk Anda. Jika mengirim tulisan ke sebuah media, tentu akan ada seleksi dan ada kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan tidak terbit. Melalui blog, Anda bisa menerbitkan tulisan atau karya Anda kapan saja. Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.
4. Sebagai Media Menghasilkan Uang
Fungsi blog terakhir adalah untuk menghasilkan uang. Anda juga dapat menghasilkan uang dari blog. Terdapat berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui blog. Pertama, Anda bisa menggunakan Ads Google. Blog dengan trafik kunjungan tinggi biasanya dapat dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tersebut. Kedua, Anda bisa mendapatkan uang dari endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan mengajak kerjasama endorsement dengan Anda kalau Anda adalah Key Opinion Leader (KOL). KOL biasanya adalah seorang profesional di bidang tertentu yang mampu menggerakkan opini pembaca. Ketiga, semakin banyak yang mengenal karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka jasa freelance. Anda dapat membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang Anda punya. Bisa desain, copywriting, ilustrasi, fotografi, atau keahlian lain yang dibutuhkan banyak orang.
list Manfaat dan fugsi blog
Kemudahan dalam menyajikan atau berbagi informasi untuk orang lain melalui internet.
Perusahaan bisa memberikan wawasan dan informasi terbaru untuk klien dan pelanggannya sekaligus menjalankan content marketing untuk calon pelanggan.
Melalui blog, pengguna bisa saling berinteraksi dengan Anda atau bisnis Anda.
Promosi atau memasarkan sebuah produk atau jasa.
Mempublikasikan tulisan bisa berbentuk opini, diari, cerita, berita, analisis atau karya-karya fiksi dan non fiksi.
Mengekspresikan diri melalui gambar atau video
Mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama
Media promosi
Profil perorangan dan perusahaan
Media komunikasi organisasi dan individu
Menyalurkan hobi
Mengekspresikan pemikiran atau opini.
Untuk meningkatkan kemampuan menulis (copywriting).
Membangun personal branding.
Membangun relasi dengan blogger lain.
Bisa mendapatkan uang dari internet melalui blog. Ini yang paling populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Sebut saja program seperti Google Adsense, afiliasi maupun email list building yang bisa dilakukan dengan mudah melalui blog.
ayooo di tabahi lagi ....
Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum.
Menurut sejumlah sumber, blog merupakan singkatan dari weblog. Awal mula munculnya istilah weblog, blog atau iterasinya terjadi pada tahun 90-an. Saat itu sudah ada banyak ragam platform yang mengudara di jagat maya dan merupakan cikal-bakal platformblogging sekarang ini, antara lain Usenet, Genie, BIZ, CompuServe, dan Bulletin Board System (BBS).
Istilah weblog pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Kemudian dipersingkat menjadi blog oleh Peter Merholz yang mulai intens mengadopsi istilah tersebut di situs pribadinya, Peterme.com pada tahun 1999. Namun sejatinya jauh sebelum istilah blog dikenal, sejumlah orang seperti Justin Hall dan Jerry Pournelle sudah mulai menyebarkan tulisan mereka melalui web pribadinya, walaupun kala itu istilah blog belum digunakan secara luas.
Open Diary mengawali era kemunculan blog modern pada tahun 1998, di platform inilah kemudian orang mulai mengenal istilah komentar blog di mana pembaca dapat meninggalkan pendapatnya di tulisan pemilik blog. Open Diary juga disebut-sebut sebagai generasi pertama situs pertemanan dikarenakan konsep komunitas yang diusungnya.
Di tahun 1999 muncullah layanan blog baru bernama Blogger.com yang didirikan oleh Pyra Labs. Di tahun yang sama juga lahir layanan blog LiveJournal dan Pitas.com. Namun layanan Blogger.com lah yang banyak berperan bagi perkembangan dunia blog sehingga oleh banyak orang nama “Blogger” dijadikan julukan bagi orang yang menggeluti atau mempunyai blog. Sejak 2003, Blogger resmi menjadi milik Google dan akusisi ini makin mengibarkan dunia blogging sebab sejumlah fitur yang sebelumnya premium digratiskan oleh pemilik barunya.
Di Blogger.com, pengguna dapat mendaftarkan diri dan membuat domain dengan alamat yang boleh ditentukan sendiri. Setelah terdaftar, pengguna kemudian mendapatkan sebuah panel dashboard yang akan menjadi media membuat tulisan, menunggah gambar, membuat halaman, dan bahkan mendesain sendiri tampilan utama blog. Salah satu kelebihan yang disuguhkan oleh Blogger.com adalah keleluasaan untuk membuat sebanyak mungkin blog baru tanpa harus membuat akun baru.
Saat Blogger.com sedang menikmati masa jayanya, muncul layanan baru yang lebih segar, yaitu WordPress.com yang dikembangkan oleh Automattic. Seperti Blogger, layanan ini juga menawarkan sub domain cuma-cuma kepada pengguna dengan opsi upgrade ke layanan premium.
WordPress.com juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan sendiri alamat sub-domain yang diinginkan. Di masing-masing blog akan ada wilayah admin terpisah yang fungsinya menjadi tempat bagi Blogger untuk mengelola isi blognya. Seperti membuat tulisan baru, menambah halaman, kategori, menyusun sidebar, mengunggah gambar dan menyisipkan video. Dalam perjalanannya Automattic kemudian merilis WordPress.org, entitas berbeda yang menyasar para pengembang dan Blogger mandiri. Pelajari selengkapnya apa itu WordPress di tautan ini.
Tujuh tahun setelah kelahiran Blogger, muncul layanan baru lagi bernama Tumblr yang dikembangkan oleh David Karp. Saat pertama kali muncul, Tumblr dianggap sebagai generasi baru dunia blogging. Ia menawarkan konsep yang berbeda dari Blogger ataupun WordPress.com, di mana pengembang menambahkan semacam koneksi antar pengguna layaknya situs pertemanan. Fitur-fitur dan fleksibilitas kustomisasinya juga paling disukai oleh kaula muda. Tak heran bila mayoritas pengguna loyal Tumblr adalah para remaja dengan usia di bawah 25 tahun. Namun kini Tumblr berada di bawah bendera Yahoo pasca diakuisisi pada tahun 2013 lalu.
Selain WordPress.com dan Tumblr, masih ada sederet platformblog yang menawarkan fitur yang kurang lebih sama, misalnya Technorati, Blogsome, webs, blogs dan banyak lagi lainnya.
Singkat ceritanya ....
1994 : Blog pertama di dunia adalah links.net yang dibuat oleh Justin Hall seorang pelajar dari Swarthmore College.
1997 : Kata "Weblog" diciptakan oleh Jorn Barger, pembuat Robot Wisdom. Dave Winner merilis "Scripting News" yang dia sebut sebagai weblog terpanjang di internet saat ini.
1998 : Jonathan Dube dari Charlotte Observer menulis weblog tentang badai Bonnie. Ini pertama kalinya sebuah portal berita menggunakan blog.
1999 : Peter Merholz menyederhanakan kata weblog menjadi BLOG. Brad Fitzparick merilis platform blog yang bernama Livejournal yang sukses mendadak kala itu. Tiga sahabat pendiri start-up Pyra Labs membuat platform blog bernama BLOGGER.
2001 : Artikel "how to" (tutorial) merupakan pemicu pertumbuhan komunitas blogger. Di tahun ini juga dirilis software blog versi pertama yang bernama Movable Type.
2002 : Para politikus menggunakan blog untuk mengekspresikan opininya. Beberapa merilis kampanye dan breaking news. Di tahun ini mesin pencari blog pertama di dunia dirilis yaitu "Technorati".
2003 : Blogger.com milik Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Versi pertama WordPress, sebuah software blog open source dirilis dan bisa didownload. Layanan blogging Type dirilis.
2004 : Steve Garfield merilis blog video yang kemudian menjadi cikal bakal "Vlog" saat Youtube hadir.
2005 : Weblogsc, Inc dibeli oleh AOL senilai 25 juta Dollar. Diperkirakan transaksi periklanan blog mencapai 100 juta Dollar tahun ini
2006 : Berdasarkan statistik Technorati, ada 50 juta blog pada pertengahan tahun ini. Blog populer "Mashable" dirilis pertama kalinya.
2007 : "Tumblr" dirilis tahun ini dan populer dengan sebutan "microblog". Tim O'reilly merilis code of conduct untuk para blogger.
2008 : Posterous dirilis untuk pertama kalinya dimana blogger bisa posting artikel singkat menggunakan layanan penyingkat URL mereka. (saat ini sudah tidak aktif)
2009 : The Universal McCan melaporkan bahwa 77% dari pengguna internet seluruh dunia membaca blog.
2010 : Studi yang dilakukan Technorati menemukan fakta bahwa 35% blogger mendapatkan uang dari blognya. Blogger emak-emak di Amerika Serikat semakin populer karena membuat artikel resep kuliner, ulasan produk dan tips parenting. Di tahun ini juga jumlah blog semakin tumbuh pesat dengan jumlah 152 juta blog yang aktif pada akhir tahun ini.
2011 : Google merilis "Google+" sebuah media sosial untuk blogger yang masih dalam tahap beta dan diterima serta digunakan oleh mayoritas blogger dunia. Tumblr meraih nilai valuasi sebesar 800 juta Dollar. Presiden Obama membuat blog di Tumblr pada bulan Oktober.
2012 : 62% perusahaan memiliki dan menjalankan blog. 48% dari 100 blog teratas di dunia menggunakan WordPress. Medium pertama kali dirilis pada tahun ini.
2013 : 81% konsumen di Amerika Serikat mempercayai informasi dan nasehat dari blog. WordPress semakin populer! Ebay, Yahoo, Ford dan Wall Street Journal menggunakan WordPress untuk blog mereka.
2014 : Domain dengan ekstensi .blog dirilis untuk pertama kalinya oleh pendiri WordPress.
hahaha ... gak kalah panjang ya ....
Manfaat dan fungsi blog antara lain :
1. Sebagai media pribadi
Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat. Menulis adalah keahlian penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah kemampuan tersebut melalui blog. Anda bebas menulis artikel sebanyak-banyaknya sampai kemampuan menulis Anda semakin baik. Terlebih lagi blog adalah platform yang cocok digunakan untuk tema apa saja, dari traveling hingga parenting.
2. Sebagai Bukti Profesionalitas
Blog juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tertentu. Misalnya, Anda adalah seorang profesional di bidang marketing, Anda bisa membuat blog yang berisi tips-tips berkaitan dengan marketing. Konten-konten di blog Anda bisa menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja, termasuk oleh perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak digital yang Anda miliki.
3. Sebagi media untuk berbagi informasi
Selesai menulis sebuah artikel atau cerita, tentu Anda ingin banyak orang yang membacanya bukan? Nah, blog bisa melakukan publikasi untuk Anda. Jika mengirim tulisan ke sebuah media, tentu akan ada seleksi dan ada kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan tidak terbit. Melalui blog, Anda bisa menerbitkan tulisan atau karya Anda kapan saja. Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.
4. Sebagai Media Menghasilkan Uang
Fungsi blog terakhir adalah untuk menghasilkan uang. Anda juga dapat menghasilkan uang dari blog. Terdapat berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui blog. Pertama, Anda bisa menggunakan Ads Google. Blog dengan trafik kunjungan tinggi biasanya dapat dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tersebut. Kedua, Anda bisa mendapatkan uang dari endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan mengajak kerjasama endorsement dengan Anda kalau Anda adalah Key Opinion Leader (KOL). KOL biasanya adalah seorang profesional di bidang tertentu yang mampu menggerakkan opini pembaca. Ketiga, semakin banyak yang mengenal karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka jasa freelance. Anda dapat membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang Anda punya. Bisa desain, copywriting, ilustrasi, fotografi, atau keahlian lain yang dibutuhkan banyak orang.
Kemudahan dalam menyajikan atau berbagi informasi untuk orang lain melalui internet.
Perusahaan bisa memberikan wawasan dan informasi terbaru untuk klien dan pelanggannya sekaligus menjalankan content marketing untuk calon pelanggan.
Melalui blog, pengguna bisa saling berinteraksi dengan Anda atau bisnis Anda.
Promosi atau memasarkan sebuah produk atau jasa.
Mempublikasikan tulisan bisa berbentuk opini, diari, cerita, berita, analisis atau karya-karya fiksi dan non fiksi.
Mengekspresikan diri melalui gambar atau video
Mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama
Media promosi
Profil perorangan dan perusahaan
Media komunikasi organisasi dan individu
Menyalurkan hobi
Mengekspresikan pemikiran atau opini.
Untuk meningkatkan kemampuan menulis (copywriting).
Membangun personal branding.
Membangun relasi dengan blogger lain.
Bisa mendapatkan uang dari internet melalui blog. Ini yang paling populer baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Sebut saja program seperti Google Adsense, afiliasi maupun email list building yang bisa dilakukan dengan mudah melalui blog.
ayooo di tabahi lagi ....
0 Response to "ragu-ragu mau ngeblog? berikut fungsi dan manfaat blog ..."
Post a Comment