UKG Online dan Pengertian Kompetensi Guru

Bapak-ibu guru akan menghadapi UKG Online yang akan dilaksanakan sebentar lagi. UKG Online bukan hanya sekedar tentang mengerjakan soal ujian UKG secara online dan hasilnya. UKG Online adalah wadah untuk bapak ibu guru untuk mengukur kompetensinya sebagai seorang pendidik yang profesional sekaligus sebagai contoh, suri tauladan profesional bagi anak didiknya. Oleh karena itu kita perlu mengetahui apakah itu Kompetensi Guru.
Kompetensi guru untuk melaksanakan kewenangan profesionalnya, mencakup tiga komponen sebagai berikut:
(1) kemampuan kognitif, yakni kemampuan guru menguasai pengetahuan serta keterampilan/keahlian kependidikan dan pengatahuan materi bidang studi yang diajarkan,
(2) kemampuan afektif, yakni kemampuan yang meliputi seluruh fenomena perasaan dan emosi serta sikap-sikap tertentu terhadap diri sendiri dan orang lain,
(3) kemampuan psikomotor, yakni kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan atau kecakapan yang bersifat jasmaniah yang pelaksanaannya berhubungan dengan tugas-tugasnya sebagai pengajar.
Dalam UU Guru dan Dosen disebutkan bahwa kompetensi guru mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang diperoleh melalui pendidikan profesi guru setelah program sarjana atau D4. Kompetensi pribadi meliputi:
(1) pengembangan kepribadian,
(2) berinteraksi dan berkomunikasi,
(3) melaksanakan bimbingan dan penyuluhan,
(4) melaksanakan administrasi sekolah,
(5) melaksanakan tulisan sederhana untuk keperluan pengajaran.

sumber : http://www.tryoutukgonline.com/materi/ukg-online-dan-pengertian-kompetensi-guru.html

0 Response to "UKG Online dan Pengertian Kompetensi Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel