Kegiatan Pembelajaran bahasa Inggris yang terdiri dari :

a. Pre-Reading Activity
Kegiatan pra-membaca ini mencakup dua hal, yaitu yang pertama adalah Personal Connection yaitu kegiatan yang membuat siswa merasakan hubungan pelajaran yang akan mereka pelajari dengan dirinya dan kehidupannya. Personal Connection membantu memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang akan mereka pelajari. Yang kedua adalah Genre Connection. Bagian ini memberikan informasi kepada siswa jenis teks (genre) yang akan mereka baca. Apa genre teks yang akan mereka baca dan kedudukan genre teks tersebut dalam literatur. Serta siapakah penulis terkenal untuk jenis penulisan (genre) tersebut. Bagian ini akan membangun hubungan antara siswa dengan teks yang akan dipelajari

b. Reading Activity
Pada bagian ini dijelaskan bagaimana proses kegiatan membaca dilaksanakan dan bagaimana tekniknya agar siswa dapat memahami bacaan tersebut dengan mudah.

c. Post-Reading Activity
Kegiatan ini terdiri dari dua hal yaitu Discussion dan Personal Journal Writing. Pada kegiatan Discussion seluruh kelas harus berpartisipasi dalam menyampaikan gagasan dan pemikirannya berkaitan dengan teks yang sudah dipelajari. Guru berperan sebagai fasilitator. Sedapat mungkin guru tidak melakukan intervensi kecuali diperlukan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara lisan untuk menyampaikan pemahamanannya terhadap teks yang dipelajari. Kegiatan ini juga dapat memonitor sejauh mana reaksi dan respon pribadi siswa terhadap teks yang dipelajari. Tujuan kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, dan keberanian mengemukakan ide atau gagasan.
Sedangkan Personal Journal Writing adalah sarana yang bisa digunakan siswa untuk menuliskan atau melakukan refleksi terhadap apa yang ada dalam pemikirannya, mencatat hasil pengamatannya, untuk membayangkan, atau menghubungkan infromasi yang baru diterimanya dengan apa yang sudah mereka ketahui sebelumnya. Jika siswa mau mereka dapat menceritakan apa yang mereka tulis dalam jurnalnya kepada temannya, tanpa ada keharusan dari guru untuk melakukannya.

d. Building Blocks
Bagian ini berisi penjelasan tentang konsep-konsep kebahasaan yang dipelajari dalam tiap-tiap bab, serta contoh-contoh penerapan dan penggunaannya dalam komunikasi sehari-hari termasuk di dalamnya tata bahasa, kosakata, dan pelafalan. Building blocks memberikan penjelasan dan informasi yang memungkinkan siswa menjadi pembelajar yang mandiri dan membangun kemampuan berbahasa yang benar.

e. Let’s Practice
Bagian ini berisi latihan-latihan yang dapat dikerjakan siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang konsep-konsep kebahasaan yang telah dipelajarinya pada bagian Buliding Blocks dan meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa.

f. Active Conversation
Kegiatan pada bagian ini memberi peluang kepada siswa untuk secara aktif mengemukakan pikiran dan pendapatnya dalam Bahasa Inggris sesuai konsep yang dipelajari dan konteks yang dihadapi. Kegiatan ini juga memberi kesempatan kepada siswa untuk menganalisa dan memahami pemikiran orang lain. Kegiatan ini juga memberikan ruang yang besar kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

g. Writing Connection
Kegiatan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikembangkan. Kegiatan pada bagian ini membiasakan siswa untuk mengemukakan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan konsep kebahasaan yang dipelajari dan konteks yang dihadapiSiswa juga dibiasakan untuk menerapkan tahapan-tahapan penulisan sampai mereka berhasil menghasilkan suatu tulisan yang sesuai dengan ketentuanketentuan yang ditetapkan oleh guru/diminta. Keberhasilan menulis sangat tergantung dari sikap, motivasi, dan ketertarikan siswa. Oleh karena guru memgang peranan penting dalam menumbuhkan keinginan dan motivasi untuk menulis pada diri siswa.

h. Let’s Create & Contribute
Kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan membiasakan siswa untuk menerapkan ilmu yang sudah mereka pelajari. Siswa dilatih untuk peduli terhadap lingkungan dan berpikir kritis untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan mereka, setidaknya lingkungan sekolah mereka. Guru harus memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dan berkreasi. Kegiatan pada bagian ini juga bertujuan agar siswa membiasakan diri untuk bekerja bersama dan berkolaborasi dalam kelompok untuk menghasilkan suatu pemikiran atau karya dan membangun hubungan interpersonal yang kuat di antara anggota komunitas kelas.

i. Parent Connection
Kegiatan pada bagian ini bertujuan agar terjalin interaksi yang baik antara siswa dan orangtua. Melalui kegiatan ini orangtua dapat mengetahui apa yang dipelajari putera-puterinya di sekolah dan dapat ikut memberikan perhatian dan dukungan bagi perkembangan belajar putera-puterinya.

j. Evaluation
Bagian ini menjelaskan jenis dan teknik evaluasi yang akan dilakukan terhadap proses maupun hasil belajar siswa.

k. Enrichment
Bagian ini menjelaskan alternatif kegiatan yang adapat dilakukan sebagai pengayaan bagi siswa yang membutuhkan. Kegiatankegiatan alternatif tersebut bisa diubah atau diganti sesuai kreatifitas guru.

l. Remedial
Remedial adalah kegiatan yang harus menjadi perhatian guru untuk dilaksanakan jika dalam setiap bab pembahasan terdapat siswa yang belum memahami konsep yang diajarkan dengan baik. Kegiatan remedial tersebut bisa berupa pengulangan konsep, penambahan latihan, atau pengulangan tes, tergantung dari kebutuhan dan kondisi kemampuan siswa.

m. Teacher’s Reflection
Pada bagian ini guru dapat menuliskan hal-hal yang menjadi bahan refleksi bagi guru setelah selesai membahas suatu bab pembelajaran. Hal ini penting dilakukan agar guru sebagai bahan evaluasi dan acuan perbaikan proses pembelajaran pada bab-bab selanjutnya.

Sumber : buku Bahasa Inggris kelas xi K13

0 Response to "Kegiatan Pembelajaran bahasa Inggris yang terdiri dari :"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel