Strategi Membaca (Reading Strategy)
Guru dapat menggunakan strategi-strategi berikut ini untuk kegiatan membaca di kelas:
• Comprehension Monitoring
Membagi kegiatan membaca menjadi pre-reading, during reading, dan post reading.
• Pre reading: siswa fokus pada personal dan genre connection
• During reading: siswa dapat memusatkan perhatian pada kegiatan:
* Bertanya (Questioning); Siswa membuat pertanyaan untuk memahami teks. Misalnya: Apa yang sedang saya baca? Apa artinya? Mungkinkah itu? Dapatkah itu terjadi?
* Memvisualisasikan (Visualizing); siswa menciptakan gambaran atau film dalam pikirannya selama proses membaca teks. Siswa membuat gambaran cerita dalam pikirannya.
• Post reading: Siswa dapat memusatkan perhatian pada: Pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi (Discussion questions): siswa memikirkan dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan isi teks.
Inferring: siswa menggunakan clues untuk memahami isi teks.
Summarizing: siswa menjelaskan hal-hal penting dari isi teks
Evaluating: siswa memberikan penilaian terhadap apa yang mereka baca.
Synthesizing: memetakan segala hal terkait isi teks untuk melihat kembali dengan suatu cara tersendiri.
• Cooperative Learning
Ini adalah suatu strategi yang bisa dipastikan bahwa semua siswa terlibat dalam pembelajaran. Strategi ini akan membantu mengurangi kompetisi di antara siswa, dan lebih mendorong siswa untuk belajar. Siswa biasanya bekerja dalam kelompok. Oleh karena strategi ini akan sering digunakan maka guru harus mengatur ruangan sedemikian rupa untuk memfasilitasi kegiatan belajar kelompok ini.
• Graphic Organizers/Story Maps
Graphic organizer/story map memberikan peta pikiran yang jelas pada pembaca, dan itu dapat digunakan selama siswa membaca atau sesudahnya. Itu juga dapat digunakan saat siswa kerja kelompok atau secara individu. Ada beberapa jenis graphic organizer yang dapat digunakan antara lain Compare/Contrast, Diagram Venn, diagram Hyrarki, dan Matriks. Membuat story map adalah cara yang bagus untuk mempelajari elemen-elemen suatu teks.
• Question Answer
Pendekatan yang paling umum dan sering digunakan untuk memahami suatu teks adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan pemahaman bacaan dan mendiskusikannya.
Contoh pertanyaan:
• Explain why….?
• Explain how….?
• How does…affect…?
• What is the meaning of…?
• Why is …important?
• What is the difference between … and…..?
Sumber : buku Bahasa Inggris kelas xi K13
• Comprehension Monitoring
Membagi kegiatan membaca menjadi pre-reading, during reading, dan post reading.
• Pre reading: siswa fokus pada personal dan genre connection
• During reading: siswa dapat memusatkan perhatian pada kegiatan:
* Bertanya (Questioning); Siswa membuat pertanyaan untuk memahami teks. Misalnya: Apa yang sedang saya baca? Apa artinya? Mungkinkah itu? Dapatkah itu terjadi?
* Memvisualisasikan (Visualizing); siswa menciptakan gambaran atau film dalam pikirannya selama proses membaca teks. Siswa membuat gambaran cerita dalam pikirannya.
• Post reading: Siswa dapat memusatkan perhatian pada: Pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi (Discussion questions): siswa memikirkan dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan isi teks.
Inferring: siswa menggunakan clues untuk memahami isi teks.
Summarizing: siswa menjelaskan hal-hal penting dari isi teks
Evaluating: siswa memberikan penilaian terhadap apa yang mereka baca.
Synthesizing: memetakan segala hal terkait isi teks untuk melihat kembali dengan suatu cara tersendiri.
• Cooperative Learning
Ini adalah suatu strategi yang bisa dipastikan bahwa semua siswa terlibat dalam pembelajaran. Strategi ini akan membantu mengurangi kompetisi di antara siswa, dan lebih mendorong siswa untuk belajar. Siswa biasanya bekerja dalam kelompok. Oleh karena strategi ini akan sering digunakan maka guru harus mengatur ruangan sedemikian rupa untuk memfasilitasi kegiatan belajar kelompok ini.
• Graphic Organizers/Story Maps
Graphic organizer/story map memberikan peta pikiran yang jelas pada pembaca, dan itu dapat digunakan selama siswa membaca atau sesudahnya. Itu juga dapat digunakan saat siswa kerja kelompok atau secara individu. Ada beberapa jenis graphic organizer yang dapat digunakan antara lain Compare/Contrast, Diagram Venn, diagram Hyrarki, dan Matriks. Membuat story map adalah cara yang bagus untuk mempelajari elemen-elemen suatu teks.
• Question Answer
Pendekatan yang paling umum dan sering digunakan untuk memahami suatu teks adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan pemahaman bacaan dan mendiskusikannya.
Contoh pertanyaan:
• Explain why….?
• Explain how….?
• How does…affect…?
• What is the meaning of…?
• Why is …important?
• What is the difference between … and…..?
Sumber : buku Bahasa Inggris kelas xi K13
0 Response to "Strategi Membaca (Reading Strategy)"
Post a Comment