Tugas menejemen media masa proposal bisnis media cetak
I.
MATA KULIAH MANAJEMEN MEDIA MASSA KELAS A
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN
Latar Belakang Perusahaan
Masalah Media memiliki pengertian yang sangatlah luas. Secara umum, kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harafiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Namun, pengertian media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual maupun verbal. Media, terdiri dari media lama dan baru. Media lama antara lain radio, televisi, surat kabar. Sedangkan media baru terdiri dari internet dan perangkat handphone. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum. yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Saat ini, pengguna media internet mengalami peningkatan yang cukup signifikan, seperti semakin maraknya pengguna facebook, youtube yang menimbulkan fenomena di Indonesia. Internet (inter-network) dapat diartikan jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia. Di mana, di dalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas layanan internet browsing atau surfing yaitu kegiatan “berselancar” di internet. Jika melihat fenomena televisi dan internet merupakan media yang paling berpengaruh memberikan efek kepada publik, hal ini tentu saja menggeser popularitas media cetak sebagai media pertama.
Melihat persaingan yang cukup ketat, kami menyadari bahwa tak mudah untuk bertahan di tengah pesatnya arus teknologi informasi. Belum lagi dengan adanya konglomerasi media oleh para pengusaha media di Indonesia. Namun, perusahaan kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menciptakan media yang lebih inovatif dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.
Saat ini, surat kabar masih diminati masyarakat. Harganya yang relatif murah dibandingkan media lain memungkinkan untuk dikonsumsi oleh segala lapisan masyarakat. Masyarakat pun telah terbiasa menjadikan koran sebagai salah satu referensi mereka. Hal ini memberi peluang bagi pebisnis surat kabar karena bisnis ini cukup menjanjikan. Oleh sebab itu, kami berminat untuk mendirikan perusahaan surat kabar harian.
Media surat kabar ini memiliki misi untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui informasi-informasi yang mendidik, benar, dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk menjalankan misi tersebut, kami membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi. Dengan demikian, kami sertakan proposal ini sebagai langkah awal perencanaan dalam mewujudkan misi media perusahaan kami.
1.1 Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mengetahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman atau tantangan (threats) yang terdapat pada bisnis usaha.
Sebelumnya, kami telah melakukan survei pasar, terkait dengan: kebutuhan pasar, minat baca masyarakat, jaringan usaha, koran kompetitor, daya beli, SDM, segmentasi, demografis, geografis, dan psikografis masyarakat serta ketersediaan bahan baku untuk mencetak koran. Dari survei tersebut, berikut ini adalah analisis SWOT perusahaan kami.
a. Strengths
· Kekuatan perusahaan terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaannya.
· Mempunyai target pasar yang jelas, baik dari pembaca maupun pengiklan.
· Bisnis surat kabar bebas dari limbah industri karena setiap sampah dari hasil produksi akan didaur ulang untuk keperluan lainnya.
· Memiliki kerja sama dengan jaringan kantor berita untuk mendapatkan berita teraktual seputar nasional dan internasional.
b. Weakness
· Kurangnya pengalaman kerja sebagian staff karena mereka baru menamatkan pendidikan dan belum pernah bekerja di media.
· Surat kabar ini merupakan surat kabar yang baru berdiri, sehingga belum dikenal masyarakat luas.
. kurangnya jam terbang sehingga kurang memiliki pngalaman
c. Opportunity
· Adanya kebutuhan yang cukup besar dari masyarakat terhadap informasi dan promosi.
d. Threats
· Adanya koran kompetitor yang telah menjadi market leader di masyarakat.
· Adanya ketidakpekaan perusahaan terhadap selera masyarakat yang berubah-ubah.
· Adanya diskon pemasangan iklan dari media surat kabar lain untuk menarik minat pengiklan.
1.2 ProspekPerusahaan Media Cetak
Prospek Perusahaan
Peluang Usaha Media Cetak yang Masih Menjanjikan
Bisnis Media cetak yang diprediksi akan bangkrut seperti di Amerika Serikat, malah justru beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan tiras di indonesia. Ahmad Djauhar, Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengaku perkembangan media masa saat ini cukup pesat. Pada tahun 2000, di Indonesia baru ada 290 judul media cetak dengan tiras sekitar 14,5 juta eksemplar. Tahun 2011 jumlah media cetak melonjak menjadi sekitar 1.000 judul dengan total tiras 25 juta eksemplar. Media cetak yang mempunyai tiras paling banyak adalah surat kabar harian, kemudian majalah, tabloid, dan surat kabar minggu.
Kenaikan tiras, ada hubungannya dengan kenaikan daya beli masyarakat. Pendapatan per kapita penduduk Indonesia dari tahun ke tahun mulai naik. Kondisi ini membuka peluang bagi media cetak. Yang harus dicermati adalah pelaku bisnis media cetak harus pandai berinovasi, seperti mengintegrasikan media cetak dengan media online atau televisi. Persaingan bisnis media massa memang ketat. Pelaku bisnis media massa yang dulunya hanya menguasai satu bentuk media sekarang mulai merambah ke beberapa bentuk media agar penetrasinya ke pasar lebih luas.
Alasan memilih usaha SURAT KABAR MEDIA CETAK dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
a. Berkontribusi pada negara Indonesia agar menciptakan peradaban budaya membaca yang baik demi kemajuan bangsa indonesia.
b. Media ini hadir untuk memenuhi kebutuhan yang seharusnya dimiliki suatu bangsa yang sedang berkembang agar berproses pada kemajuan.
c. Dapat diminati oleh semua kalangan seperti anak-anak, remaja dan dewasa. Harga terjangkau tapi kualitas tulisan tetap bermutu.
d. Menerima karya-karya masyarakat, sekaligus menarik minat baca khalayak agar dapat berfikir secara kreatif dan inovatif
e. Memberi kebebasan pada masyarakat untuk menyuarakan pendapat agar memiliki kepedulian terhadap bangsa
II. Visi dan Misi
2.1 VISI:
MenjadiPerusahaan yang kreatif, Kompetitif dan berkualitass
MISI:
Ikut mencerdaskan bangsa melalui informasi-informasi yang mendidik, kreatif, jujur dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
2.2 Tagline Dan Penjelasanya
Tagline : Informatif dan kreatif
Filosofi : kita akan mendirikan perusahaan surat kabar (media cetak) yang penuh dengan informasi-informasi ter aktual dan kreatif dalam pembawaan berita tanpa membuat orang bosan dengan membacanya justru malah tertarik ketika membacanya
III. Nama Media Dan Penjelasannya
Nama media : Eagle News
Penjelasan : terinspirasi dari lambang negara republik indonesia yaitu burung GARUDA di harapkan media ini bisa di cintai oleh warga negara Indonesia dan bisa bermanfaat sebagai media terupdate dalam menyampaikan informasi se Indonesia
IV. Spesifikasi Media
4.1 Ukuran Koran : 330,5mm x 550mm
Posisi : Tegak/ Portait
Jumlah Halaman : 30 halaman (Senin-Kamis), 35 halaman (Jumat-Minggu)
Pewarnaan : Warna dan hitam putih
4.2 Rubrik
Halaman Utama | Rubrik | Halaman | Deskripsi Rubrik | |||||||
1&2 | Halaman Utama | 2 | Berita-berita utama dari daerah, nasional, maupun internasional | |||||||
3&4 | Nasional | 2 | Berita-berita seputar Nasional | |||||||
4&5 | kota | 2 | Berita-berita seputar wilayah kota Surabaya | |||||||
6 | Sambungan | 1 | Sambungan berita halaman satu | |||||||
7 | Barat | 1 | Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian barat | |||||||
8&9 | Tengah | 2 | Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian tengah | |||||||
10 | Timur | 1 | Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian timur | |||||||
11 | Selatan | 1 | Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian selatan | |||||||
12 | Utara | 1 | Berita-berita seputar wilayah indonesia bagian Utara | |||||||
13&14 | Politik | 2 | Berita-berita seputar dunia politik, baik daerah maupun nasional | |||||||
15 | Opini | 1 | Terdiri atas opini masyarakat, editorial, tim redaksi, muhasabah/renungan, salam pembaca, dan pojok. | |||||||
16&17 | Internasional | 2 | Berita-berita internasional | |||||||
18 -21 | Olahraga | 3 | Berita-berita dari berbagai cabang olahraga | |||||||
22 &23 | Iklan | 2 | Berisi iklan-iklan | |||||||
24 | Keluarga | 1 | Informasi-informasi menarik seputar keluarga | |||||||
25&26 | Ekonomi & Bisnis | 2 | Berita maupun informasi seputar ekonomi dan bisnis | |||||||
27 | Teknologi | 1 | Berita maupun informasi tentang perkembangan teknologi | |||||||
28&29 | hobi | 2 | Berita seputar hobi-hobi yang lagi di minati | |||||||
30 | Iklan | 1 | Iklan sosial | |||||||
| | | | | | | | |||
Untuk Jumat-Minggu bertambah 5 halaman. 5 halaman yang bertambah berisi berita dan informasi seputar gaya hidup, seni dan sastra, pendidikan dan rubrik anak. berikut :
31-32 | Gaya Hidup | 2 | Informasi seputar gaya hidup, trend, kesehatan, fashion |
33 | Seni dan Sastra | 1 | Terdiri atas puisi, cerpen, feature, humor, resensi buku, film, musik, dan sebagainya yang berkaitan dengan seni dan sastra |
34-35 | Pendidikan dan Rubrik anak | 2 | Informasi seputar pendidikan dan pelajaran |
4.3 Oplah
V. Susunan Redaksi
No | Nama | Jabatan | Deskripsi Tugas | Keterangan |
1 | Bagusputra dewangga | Presiden direktur | Pemmpin utama | Penanggung jawab umum |
2 | Yoseph christanto | Pemimpin perusahaan | Mengaturkinerja prusahaan | Penanggung jawab prusahaan |
3 | Imanuel | Pemimpin redaksi | Mengatur dan menyusun redaksi | Penanggung jawab produksi |
4 | Roni | Sekretaris Redaksi | Membantu kerja pemimpin redaksi | Membantu ketua redaksi |
5 | Luciana | Koordinator peliputan | Pengatur dan pencari berita | Kordinator peliputan di hari h |
6 | Intan | Redaktur Pelaksana | | |
7 | Bondan | Redaktur feature | | |
8 | Mahfut | | | |
9 | | | | |
VI. Biaya Investasi
6.1 Biaya modal
Dengan perincian biaya gedung, komputer, kursi , meja dsb sebagai berikut :
Fasilitas dan mesin produksi | Jumlah | Total Nilai |
Komputer | 3 unit | Rp.15.000.000 |
Internet (website,jaringan) | Rp. 1.200.000 | |
Mesin cetak | 2 unit | Rp. 12.000.000 |
Meja dan Kursi | 4 unit | Rp.10.000.000 |
Bangunan 25m2 | Rp. 25.000.000 | |
Biaya keamanan | Rp.1.000.000 | |
Total | Rp. 64.200.000 |
Proyeksi Neraca Awal Tahun
Aktiva | Passiva |
Aktiva Tetap Modal Rp.1.167.200.000,00 | Hutang Bank Rp. 60.000.000 |
Jumlah Aktiva Rp.1.167.200.000,00 Jumlah Passiva Rp.1.167.200.000,00
6.2 Biaya Rutin
PROYEKSI BIAYA PRODUKSI / BULAN | ||||
Bahan Baku | Spesifikasi | Jumlah | Harga satuan | Jumlah |
Kertas Koran | Aspex NPSD-PU 43.0 (roll) | 400 | 2.500.000 | 1.000.000.000 |
Cetakkan Kertas | Alumunium Plag | 100 | 300.000 | 30.000.000 |
Tinta | Best One Process Colors(Galon) | 40 | 500.000 | 20.000.000 |
Kantong Kain Besar | - | 150 | 100.000 | 15.000.000. |
Plastik Kemasan | 70 gr (roll) | 7 | 1.000.000 | 7.000.000 |
Kertas Hvs | F4 ( 33cm x 21.5cm) | 10 Karton | 160.000/Karton | 1.600.000 |
Listrik | - | - | - | 5.000.000 |
Perawatan mesin | - | - | 200.000 | 200.000 |
Air | - | - | - | 1.000.000 |
JUMLAH TOTAL BIAYA PRODUKSI | 1.079.800.000 |
6.3 biaya tak terduga
Apa Maksud dan arti kata Biaya Tak Terduga itu? Pengertian serta definisi Biaya Tak Terduga menurut kamus bahasa Indonesia (KBBI) maknanya adalah sebagai berikut.
Arti Kata Biaya Tak Terduga adalah : biaya cadangan yang disediakan untuk pengeluaran yang di luar perencanaan (tidak diperkirakan) dan biasanya diambil 20% dari modal jadi:
Arti Kata Biaya Tak Terduga adalah : biaya cadangan yang disediakan untuk pengeluaran yang di luar perencanaan (tidak diperkirakan) dan biasanya diambil 20% dari modal jadi:
Modal awal x 20% = biaya tak terduga
1.167.200.000 X 20% = 233.440.000,00
6.4 Sumber Pembiayaan
Proyeksi investasi yang diperlukan (Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)
· Modal Sendiri Rp. 1.100.000.000,00
· Modal kredit bank Rp. 60.000.000,00
· Investor Rp. 7.200.000
Total Rp. 1.167.200.000,00
6.5 Sumber pendapatan
Sumber dari biaya pendapat:
Penjualan : Rp. 1.200.000.000
iklan : Rp. 24.650.000
hasil kerjasama : Rp. 150.000.000
iklan : Rp. 24.650.000
hasil kerjasama : Rp. 150.000.000
Total : Rp. 1.374.650.000,00
VII sirkulasi dan distribusi
Pengiriman dan penyebaran akan di lakukan di beberapa kota besar dan beberapa kota yang di anggap strategis. Contoh perincian target penjualan sebagai berikut:
DKI Jakarta : 20%
DI Jogja : 10%
Surabaya : 15%
Bali : 10%
Ambon : 7%
Papua : 8%
Semarang : 5%
Bandung : 5%
Padang : 5%
Aceh : 5%
Banjarmasin : 10%
DI Jogja : 10%
Surabaya : 15%
Bali : 10%
Ambon : 7%
Papua : 8%
Semarang : 5%
Bandung : 5%
Padang : 5%
Aceh : 5%
Banjarmasin : 10%
Total : 100%
VIII segmentasi,positioning, targeting, diferensiasi
Produk : eagle news
Segmentasi:
Eagel news dengan lambang burung garuda melambangkan ke gagahan, kekuatan dan keberanian di tambah dengan tagline Informatif dan kreatif dan di dukung isi berita yg terkinian/uptodate membuat media cetak ini diperuntukkan bagi orang-orang yang membutuhkan berita aktual.
Eagel news dengan lambang burung garuda melambangkan ke gagahan, kekuatan dan keberanian di tambah dengan tagline Informatif dan kreatif dan di dukung isi berita yg terkinian/uptodate membuat media cetak ini diperuntukkan bagi orang-orang yang membutuhkan berita aktual.
Targeting:
target dari pasar Eagel adalah masyarakat ekonomi kebawah karena harganya yang ekonomis dan terjangkau dan lebih di kususkan bagi remaja di karenakan isi dari berita lebih ke kinian dan berkaitan erat dengan dunia remaja
target dari pasar Eagel adalah masyarakat ekonomi kebawah karena harganya yang ekonomis dan terjangkau dan lebih di kususkan bagi remaja di karenakan isi dari berita lebih ke kinian dan berkaitan erat dengan dunia remaja
Positioning:
berita yang di berikan eagle sangatlah aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak wartawan-wartawan dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan. Cara product positioning yang dilakukan pemasar di dalam memasarkan Eagle news adalah:
1.penentuan posisi dalam kebutuhan masyarakat
2.penentuan posisi menurut berita teraktual
berita yang di berikan eagle sangatlah aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak wartawan-wartawan dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan. Cara product positioning yang dilakukan pemasar di dalam memasarkan Eagle news adalah:
1.penentuan posisi dalam kebutuhan masyarakat
2.penentuan posisi menurut berita teraktual
Diferensiasi:
seperti yang di jelaskan di atas bahwa Eagle News memiliki berita yang lebih aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak orang-orang Eagle dalam mencari berita dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan.
seperti yang di jelaskan di atas bahwa Eagle News memiliki berita yang lebih aktual, tajam dan terpercaya adanya banyak orang-orang Eagle dalam mencari berita dengan sdm yang sangat berkualitas tersebar di sluruh nusantara mnyebabkan sumber berita lebih jelas tergambarkan.
IX Badan hukum dan managemen perusahaan
Berikut adalah badan hukum yang menaungi PT Eagle News Media:
Berdasarkan Pasal 1 angka 1 UU Pers, pengertian dari Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis uraian yang tersedia.
Lebih jauh dalam Pasal 1 angka 2 UU Pers disebutkan pengertian dari Perusahaan Pers adalah badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers meliputi perusahaan media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, dan menyalurkan informasi.
Ketentuan bahwa perusahaan pers harus berbentuk badan hukum ini ditegaskan dalam Pasal 9 ayat (2) UU Pers bahwa setiap Perusahaan Pers harus berbentuk badan hukum Indonesia
X Penutup
Semua rencana perusahaan yang telah kamirancang bertujuan untuk pembangunan ekonomi indonesia dengan mencetak pedua/pemudi yang kreatif yang akan mampu menyediakan jutaan lapangan pekerjaan. Media cetak Eagle akan menyediakan konten berisi tentang pendidikan karakter Entrepreneurship.
0 Response to " Tugas menejemen media masa proposal bisnis media cetak"
Post a Comment