Instrument Derefative Menurut Berlianta

Instrument Derefative
Menurut Berlianta (2000:18) currency futures timbul akibat transaksi berjangka foreign exchange yang muncul akibat respon nilai tukar mata. Sedangkan Currency future merupakan instrumen derivatif (turunan) dari nilai mata uang yang ada di spot atau cash market. Definisi tentang instrumen derivatif itu sendiri menurut Sartono(2011) adalah suatu kontrak atau transaksi yang harganya didasarkan atas aset yang lain”.  Aset yang dipakai sebagai patokan harga berupa saham, mata uang, obligasi atau bahkan indeks.
Derivatif adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menjelaskan instrumen keuangan. Dimana nilainya berasal dari surat berharga yang dikenal sebagai underlying product. Derivatif dikelompokkan menurut jenis surat berharga sebagai dasar penilaian. Terdapat empat jenis derivatif yang sering djumpai seperti: suku bunga, saham, komoditi, dan mata uang.
Jenis derivatif mencerminkan jenis risiko yang ingin dikelola. Seperti jika mata uang berjangka currency future maka dapat digunakan untuk mengendalikan risiko nilai tukar. Dimana currency future berpatokan pada nilai tukar mata uang yang berlaku pada perdagangan foreign exchange.

0 Response to "Instrument Derefative Menurut Berlianta "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel